banner atas tiketclub

Minggu, 01 April 2012

RSUD Tangerang Selatan Siap Bersaing Berikan Pelayanan Prima

Pemerintah Kota Tangerang Selatan, terus memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Diantaranya yakni mengoperasikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Jalan Raya Pajajaran, Pamulang, yang rencananya mulai dibuka pada pertengahan tahun 2012 mendatang.

Peningkatan pelayanan tersebut diantaranya dengan menambah sejumlah fasilitas pengobatan dan tim medis berpengalaman. Nantinya di Kota Tangerang Selatan tersedia beragam pelayanan untuk pasien. Seperti ruang farmasi, laboratorium, konsultasi gizi, Poli dots (pelayanan untuk pasien TB).

RSUD Kota Tangerang Selatan diresmikan langsung oleh Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah pada tanggal 7 April 2010 silam. Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, pemerintah berkomitmen menambah jenis dan kualitas pelayanan. Antara lain seperti penambahan gedung baru maupun sarana dan prasana pendukung lainnya.

Untuk fasilitas yang dimiliki RSUD Tangerang Selatan yang berdiri berdasarkan surat ijin Nomor. 445/01.oprs-Dinkes/III/2010. RSUD Kota Tangerang Selatan telah bertekad untuk terus melayani setiap masyarakat secara maksimal dan optimal. Hal ini sesuai dengan motto RSU Kota Tangsel yaitu “Melayani dengan Sepenuh Hati”. RSU Kota Tangsel secara terus menerus juga berusaha berpartispasi menjadikan Kota Tangsel sebagai salah satu kota percontohan di Provinsi Banten dalam hal pemberian pelayanan maksimal bagi warganya.

Dimana indikator keberhasilan pelayanan kesehatan di suatu kota, dapat dilihat dari bagaimana pemerintah kota yang bersangkutan menata dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakatnya khususnya pelayanan kesehatan di puskesmas- puskesmas dan rumah sakit. Keberadaan RSU di Kota Tangsel memang sangat dibutuhkan untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan masyarakat.

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengatakan, bahwa pembangunan RSUD merupakan salah satu prioritas di daerah hasil pemekaran dari Kabupaten Tangerang ini. Walaupun saat ini Kota Tangerang Selatan telah memiliki banyak Rumah Sakit (RS) swasta. Namun, kebanyakan adalah RS mewah yang memasang tarif pelayanan begitu tinggi. Sehingga penentuan tarif tidak terjangkau bagi sebagian besar masyarakat dari kalangan ekonomi menengah kebawah.

Diketahui, RSUD Tangerang Selatan dalam pengoperasiannya telah ditetapkan melalui Peraturan Daerah (Perda) Nomor 06 Tahun 2010 tentang Satuan Organisasi Tata Kerja (SOTK). RSUD Kota Tangerang Selatan memiliki visi Menjadi Rumah Sakit Pilihan yang bermutu dan Amanah (Aman, Nyaman, Mandiri, Ramah) di Kota Tangerang Selatan. Sedangkan misi RSUD Kota Tangsel adalah meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang bermutu, modern dan terstandarisasi.

Kemudian meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan yang profesional dan religius, meningkatkan sistem informasi yang terbuka dan menerima globalisasi sesuai kebutuhan masyarakat yang bermartabat. Serta berupaya mengikuti perkembangan IPTEK, dan memenuhi sarana pendukung yang berkualitas dan berwawasan lingkungan.

RSUD Tangerang Selatan saat ini merupakan rumah sakit setara tipe C yang memberikan pelayanan kedokteran empat spesialis dasar yaitu Spesialis Anak, Spesialis Kandungan, Spesialis Dalam, Spesialis Bedah dan memiliki spesialis tambahan pelayanan Spesialis Mata. Sehingga diharapkan mampu sebagai pelayanan rujukan dari puskesmas.

Tekad mengoptimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat ditunjang oleh beberapa tenaga medis handal. Antara lain tiga dokter spesialis penyakit dalam, dua dokter spesialis bedah umum, dua dokter spesialis kandungan dan satu dokter spesialis mata. Kemudian satu dokter spesialis anestesi, satu dokter gigi spesialis orthodontis dan 11 dokter umum. Sementara jumlah tenaga perawat sebanyak 30 orang, tenaga bidan 17 orang dan tenaga gizi 4 orang.

“Seluruh tenaga medis yang bertugas di Rumah Sakit Umum merupakan SDM yang sudah terampil dan bersertifikasi khusus,” kata Direktur RSUD Tangerang Selatan, Yantie Sarie.

Soal pelayanan, RSU Tangsel juga sudah memberikan pelayanan yang cukup beragam di antaranya medical chek up, Unit Gawat Darurat (UGD) 24 jam, rawat inap, rawat jalan, kamar bersalin dan laboratorium. Untuk pelayanan UGD, siap melayani selama 24 jam setiap harinya termasuk hari besar dengan dilayani sebanyak 11 dokter umum dan ditangani 12 perawat dengan sertifikasi Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) serta Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS).

Adapun pelayanan laboratorium yang ada di RSU Kota Tangsel meliputi, kimia klinik, hematologi, urinalisis, faeces, mikrobiologi, imunologi dan toksikologi. Ditambah lagi pelayanan penunjang lainnya, seperti medical chek up, dan apotek. Sedangkan pelayanan rawat inap terdapat 17 tempat tidur.

Tahun 2011 ini, RSUD Tangerang Selatan berencana menambah fasilitas pelayanan terbaru. Berupa ruangan rawat inap yang representatif untuk pasien memperoleh pelayanan kesehatan. Ditambah (HCU) Hight Care Unit dan Unit Transfusi Darah Cabang (UTDC). Selama tahun 2011 ini, RSUD Tangerang Selatan mampu mengcover pelayanan masyarakat dengan maksimal. diantara perawatan yang dilakukan itu antara lain, rawat jalan (pelayanan poli spesialis) dengan jumlah pasien mencapai 3.447 selama Oktober 2011 ini. Untuk pasien rawat inap yang dilayani selama Oktober mencapai 585 pasien. Sedangkan yang dirawat di UGD mencapai 3.710 pasien. Serta untuk pasien persalinan sampai dengan bulan Oktober 2011 mencapai 429 pasien.(sk/mus)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar